February 02, 2021

Mau Resep Makanan Tradisional Klepon? Dapatkan Di sini

Ada banyak sekali makanan tradisional yang bisa kamu olah sendiri di rumah sebagai camilan sehat keluarga. Selain harga bahannya yang lebih murah, cara pembuatannya juga pasti sangat mudah. Saat ini banyak sekali makanan tradisional yang mulai dilestarikan lagi, sehingga hal ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membuka usaha baru. Berikut ini resep klepon mulai dari bahan hingga cara pembuatannya, yaitu:

 

Bahan klepon

Bahan paling utama yang perlu kamu siapkan adalah tepung ketan putih, sesuaikan saja dengan kebutuhan pembuatan. Jika untuk konsumsi sendiri, cukup sediakan 200 gram tepung ketan putih.

 

Jangan lupa air hangat dan pasta pandan, sesuaikan takaran dengan rencana banyaknya klepon yang akan dibuat. Untuk konsumsi pribadi sediakan 190-200 ml air hangat. Lalu tambahkan gula jawa yang diserut halus secukupnya, sesuai dengan kebutuhan.

 

Bahan topping klepon

Karena klepon identik dengan kelapa parut, jadi bahan utama lain untuk topping pembuatannya adalah kelapa parut. Sesuaikan persediaan kelapa dengan klepon yang akan dibuat. Jika untuk konsumsi pribadi biasanya 50 gram kelapa sudah cukup.

 

Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menyediakan 10 ml santan kara yang sangat mudah ditemukan di toko terdekat. Lalu kamu bisa menyediakan sejumput garam untuk menghasilkan variasi rasa yang menawan. Tak ketinggalan, sediakan 40 ml air panas.

 

Selanjutnya, untuk menghasilkan rasa yang menarik di topping klepon, kamu bisa mencampurkan semua bahan di atas sambil mengukus atau memasukkannya pada microwafe kurang lebih selama 10 menit untuk kukusan, dan satu menit untuk microwafe. Kamu juga bisa mengolah topping sesuai dengan banyaknya topping yang dibutuhkan.

 

kompas.com

Cara pembuatan klepon

Pertama, kamu bisa mencampurkan tepung ketan putih, beserta pasta pandan dan air hangat yang sebelumnya sudah dicampurkan. Kemudian campur semua atau aduk ringan dengan menggunakan tangan.

 

Kedua, sembari melakukan adukan, kamu bisa memberikan kucuran air sampai adonan tidak lagi keras. Ketiga, kamu bisa mengambil secuil adonan kemudian bulatkan. Jangan lupa memasukkan gula jawa di tengah adonan, kemudian bulatkan lagi.

 

Keempat, kamu bisa memasukkan adonan pada persediaan air panas yang tadi ada pada bahan, tunggu sampai adonan mengapung. Kelima, setelah adonan terapung, kamu boleh membiarkannya beberapa menit agar adonan benar-benar matang. Keenam, jika adonan sudah  siap, kamu tinggal menggulungkannya pada topping kelapa yang sudah kamu siapkan.

 

Mudah bukan? Selain memiliki rasa yang khas, klepon pun bisa dinikmati bersama kopi atau teh, sembari bersantai bersama keluarga. Selamat mencoba, kawan. [] 

0 Comments:

Post a Comment