Hidup Sehat Ala Nabi

 

Salah satu hal yang bisa kamu pelajari dan terapkan dari kebiasaan Rasulullah SAW adalah pola hidup sehat. Rasulullah semasa hidupnya memang dikenal jarang sekali terserang sakit. Ini tentu merupakan citra paling tepat, karena tandanya beliau memang memiliki konsistensi dalam menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Di masa Nabi, mungkin sangat mudah untuk melaksanakan pola tersebut, akan tetapi di era yang semakin sibuk ini, sangat jarang muslim yang bisa istiqomah menerapkan pola hidup sehat ala Nabi secara keseluruhan. Tapi sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat ala Nabi, beberapa diantaranya yaitu:

rumah zakat

  1. Memastikan tubuh menerima udara segar

Nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan yang patut kita contoh, yakni bangun di sepertiga malam terakhir untuk mendapatkan udara bersih. Beliau memastikan bahwa yang pertama kali dihirup setelah bangun tidur adalah oksigen yang belum terkontaminasi zat-zat lain. Ternyata, sepertiga malam terakhir yang diperkirakan antara jam satu dini hari sampai menjelang subuh tersebut memang memiliki kadar oksigen yang lebih tinggi dari waktu-waktu yang lain.

 

Ketika tubuh rutin mendapatkan udara yang bersih dengan kadar oksigen yang tinggi, maka metabolisme tubuhpun juga akan meningkat. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari serangan virus dan juga penyakit yang timbul akibat paparan polusi setiap harinya. Meskipun di era sekarang ini sangat sulit mendapatkan udara bersih yang sama sekali tidak terkontaminasi zat-zat kimia, akan tetapi di sepertiga malam terakhir itu bisa dipastikan udara memiliki tingkat kebersihan lebih tinggi dibanding siang atau sore hari. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mendekatkan diri kepada sang pemberi hidup, dengan melakukan beberapa ibadah sunnah seperti shalat tahajud dan juga dzikir.

 

  1. Makan dengan cukup dan tidak berlebihan

Kaitannya dengan adab makan, kamu pasti sudah sering mendengar atau mempelajari tata cara dan kebiasaan makannya Rasulullah SAW, mulai dari sarapan hingga makan malam. Pada saat sarapan, diriwayatkan oleh beberapa sahabat, Nabi sarapan bukan dengan makanan yang berat, atau mengandung karbohidrat tinggi. Akan tetapi hanya segelas air yang biasanya dicampur madu, ditambah beberapa kurma. Nah, Anda juga bisa mencontoh sarapan ala Nabi, dengan beberapa jenis buah-buahan yang berserat dan mudah dicerna oleh tubuh.

 

Kemudian menjelang masuk waktu sore hari, barulah Rasulullah mengonsumsi makanan pokok, yang pada masa itu diceritakan Nabi mengonsumsi roti. Adapun makanan pokok lain yang bisa kamu konsumsi ada nasi, jagung, gandum, ketela, atau jenis makanan pokok lainnya, yang pasti mengandung karbohidrat. Sementara di malam hari, jenis sayur mayur menjadi menu yang dipilih Rasulullah SAW. Hal yang harus diperhatikan juga ialah, Nabi tidak pernah makan secara berlebihan, asal cukup, dan selalu menghentikan makannya sebelum kenyang.

 

  1. Rutin Berolahraga

Salah satu kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW adalah olahraga. Sesibuk apapun beliau, demi menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, maka olahraga secara rutin pun dilakukan. Selain rutin berolahraga, Nabi juga tidak menyukai sahabat-sahabat beserta umatnya yang melakukan begadang tanpa ada tujuan yang bermanfaat. Terlalu sering begadang justru akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Kalau kamu masih sulit menghindari begadang karena harus lembur kerja atau ada keperluan mendesak yang harus segera diselesaikan, upayakan tidak melakukannya secara berkesinambungan, dan upayakan tetap melakukan beberapa hal di atas, agar kamu secara bertahap bisa memiliki pola hidup yang sehat, sebagaimana Nabi. []

Post a Comment

0 Comments

Pengunjung