November 07, 2020

Dikutuk Kuasa

 

Ini dongeng atau legenda?

Sebuah kutukan tua laik Sparrow

Di masa para pembajak mengunci laut

Lewat tuas-tuas kemelut

 

Langit menjadi darah

Berkembangbiak menuju kematian

Sedang para broker mengoyak kota lewat kata-kata

Kuasa kata

Lingkungan Hidup

Belasan ribu kapal jadi bangkai

Tenggelam

Diam, bungkam

 

Lautan dikuasai perompak

Sejarah dikuasai kata-kata

Kami dikuasai mereka… []

November 04, 2020

Belajar Bersyukur

 

Pagi masih menyisakan sinar lilin. Semalam listrik kampung kami padam. Di rumah cuma ada sebatang lilin yang membantu kami menyelesaikan pekerjaan rumah. Sampai kami sama-sama tak sadarkan diri, lampu belum juga bisa nyala. Dan tiba-tiba sudah pagi saja. Emak membangunkan aku dan Zein yang ternyata ikut ketiduran di rumahku.

 

“Hayooo, le… bangun. Waktunya sekolah. Zein juga ayo lekas bangun, tadi malam emakmu ke sini tapi tidak tega membangunkanmu. Makanya dibiarkan kamu tidur di sini sama Ragil.” Kata emak sambil sibuk menyiapkan sarapan pagi.

 

Kehidupanku dan Zein biasa saja. Kami sama-sama tumbuh dari keluarga yang tidak begitu berkecukupan. Bedanya, Zein anak tunggal dan aku bungsu dari 3 bersaudara. Sejak kecil kami sudah terbiasa hidup dengan sesuatu yang serba sederhana, dari sandang, papan, sampai pangan.

 

Tapi satu hal yang membuat kami selalu merasa istimewa, yakni keluarga yang harmonis dan nyaris tak pernah ada kata seteru di dalamnya. Bapak dan emak, juga kedua orangtua Zein selalu mengajarkan kami bersikap qonaah, alias merasa cukup dengan apa yang sedang dimiliki. Mereka memberi kami pemahaman bahwa Tuhan selalu memberikan sesuatu sesuai dengan yang hambaNya butuhkan, tidak berlebihan dan juga tidak pernah dikurangi.

 

Emak juga selu bilang, kalau dalam hati kami berdua ada sesuatu yang mengganjal, atau merasa tidak terima dengan apa-apa yang dimiliki oleh orang lain, berarti kita sedang didekati oleh nafsu. Kalau kami iri dengan orang lain, tandanya kami kurang mensyukuri nikmat Tuhan.

 

Pngtree

“Orang itu kalau di hatinya sudah ada rasa iri dengan kepunyaan orang lain, tandanya dia ndak bersyukur, ngger.”

contohnya apa, Mak?” tanyaku polos saat itu.

“Ya, misalkan anak lain pergi ke sekolah pake sepedah baru, lha kamu cuma jalan kaki terus sama Zein. Terus kamu iri sama temenmu yang pake sepeda baru itu.”

“Berarti itu tandanya aku ndak bersyukur sama pemberian Tuhan mak?”

“Kalau rasa iri itu ada, Gil, yaa berarti kamu ndak bersyukur, lawong meskipun kamu ndak pakai sepedah, tapi Tuhan kasih kamu kaki yang kuat kok.” Kata emak sambil memijat kedua kakiku.

 

Aku jadi ingat ketika aku dan Zein berangkat sekolah pagi itu. Seperti biasa kami berdua jalan kaki sambil guyonan. Tiba-tiba di tengah jalan hujan turun, dan kami sama-sama tidak bawa payung. Akhirnya kami menepi dan berteduh di bawah pohon. Zein bajunya sudah sedikit basah dna kalau kami balik pulang, kami akan terlambat ke sekolah.

 

“Zein gimana ini, kita juga ndak punya payung lo…”

“Udah ndak apa-apa, eh sebentar… itu ada daun pisang.” Kata Zein sambil menunjuk ke arah kebun pisang pak Somad. Dengan lantang Zein berteriak, karena pak Somad juga kebetulan sedang berteduh di bawah daun-daun pisang di kebunnya.

“Pak… aku minta satu daun yaa, mau ke sekolah nanti telat.”

 

Dengan sigap pak Somad memotong dua daun pisang miliknya dan berlari menuju pohon tempat kami berteduh.

 

“Nih, satu kalian. Sobek sedikit ndak apa-apa ya. Hati-hati kalau ke sekolah.”

“Alhamdulillah, terimakasih pak. Yes, ndak bakal telat nih kita.” Kata Zein bersemangat.

 

Akhirnya kami bisa melanjutkan perjalanan ke sekolah yang jaraknya masih satu kilometer lagi. Dengan berbekal daun pisang sebagai payung kami menembus hujan. Dari situ kami ingat kata-kata emak, bahwa apapun yang kami dapatkan adalah pemberian Tuhan yang patut disyukuri.

 

Dengan selalu merasa cukup dan bersyukur, hidup kami bakal selalu diliputi kebahagiaan. Dan itulah hal terbaik yang mampu kami tuai, dari buah kesyukuran kami atas nikmat yang diberikan-Nya.

Mencoba Wisata Konto River Rafting Kediri

 

Kalau Anda suka tantangan dan ingin mengasah adrenalin, wisata yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sungai konto menawarkan rafting river yang cukup menantang. Wisata ini ada di Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Jaraknya dari Simpang lima gumul sekitar 40 Km.

 

Anda bisa menempuhnya menggunakan kendaraan sekitar 45 menit. Selain indah, tempat wisata ini bisa memberikan sensasi yang berbeda. Jadi sangat disayangkan kalau Anda sedang berlibur di kota Kediri, tapi tidak berkunjung ke wisata arung jeram konto river.

 

Wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional. Penduduk lokal daerah wisata konto river rafting Kediri juga sangat ramah kepada wisatawan, baik lokal maupun asing. Konto river rafting pun cocok untuk Anda yang punya jiwa petualang dan suka tantangan.

123RF.com

Selain itu di sana juga ada wahana permainan lain seperti flying fox, high ropes, escape for island, paint ball, air softguns, trust fall, dan masih banyak lagi yang lain. Selain punya arus deras dan cukup menantang, dengan track rafting sampai 13 km, bentang alam di sekitar kali konto ini bisa dibilang cukup menyejukkan.

 

Meskipun objek wisata ini masih tergolong baru, tapi peminatnya sangat tinggi. Wajar kalau wisata konto river rafting Kediri ini tidak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi dukungan beberapa fasilitas dan pelayanan yang memadai seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, dan berbagai macam wahana air.

 

Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, jangan lupa mengabadikan momen Anda di wisata yang juga punya banyak spot foto ini. Menarik kan? Kalau Anda suka sesuatu yang menantang, Asah adrenalin Anda di konto river rafting Kediri. Eh jangan lupa buang sampah pada tempatnya, ya. []

Jangan Pakai Trik Ini Untuk Bikin Akun Sosmed Rame

 

Di era digital seperti sekarang ini, siapa yang tidak memiliki akun di media sosial pasti akan dikatakan kudet, kuper alias kurang pergaulan, dan lain sebagainya. Pernyataan semacam ini tentu tidak melulu salah, mengingat memang segala informasi saat ini berkembang sangat pesat salah satunya berkat adanya media sosial. Tidak hanya facebook dan twitter, akan tetapi ada juga instagram, youtube, blog, yang mana kesemua media sosial itu memiliki banyak pengguna dan masing-masing aktif dalam berjejaring.

 

Semakin pesatnya informasi yang berkembang lewat media-media tersebut tentu akan membuat orang-orang yang tidak memakainya akan ketinggalan berita-berita terbaru, baik soal gosip selebritis sampai soal politik, hukum, dan keadaan sosial masyarakat di suatu daerah. Mungkin ada anggapan bahwa setiap berita bisa disaksikan lewat siaran televisi, akan tetapi hal tersebut ternyata juga masih kalah cepat dibanding dengan yang di share di sosial media. Nah, akhirnya para pengguna sosmed pun punya alasan yang realistis untuk mengatakan kudet dan kuper pada orang-orang yang sama sekali tidak menggunakan media sosial (sosmed) sebagai tempatnya berjejaring.

 

Bali Express

Akan tetapi ada beberapa catatan hitam terkait budaya sosmed di kalangan masyarakat Indonesia. Misalkan saja, mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang lewat sosial media, seperti memeras orang lain, menipu, dan hal-hal yang merugikan orang lainnya. Tentu hal semacam ini tidak bisa dibenarkan, apalagi tujuan orang-orang tersebut bersosial media adalah untuk mendapatkan asupan nutrisi untuk pikiran, mendapatkan informasi bukan ditipu. Mungkin kasus-kasus semacam ini sudah sangat biasa terjadi dan memakan banyak korban dengan alasan ekonomi.

 

Namun di luar itu, ternyata ada juga orang yang melakukan trik untuk membuat akun sosmednya ramai pengunjung dengan memberikan kabar-kabar palsu atau hoax, membagikan kiriman-kiriman yang berbau pornografi, dan lain sebagainya. Tujuan orang-orang seperti ini bukan lagi pada ekonomi akan tetapi kepuasan. Hal ini tentu lebih merugikan orang lain apalagi jika masyarakat yang mengikuti kiriman-kiriman itu sudah beribu atau berjuta orang dengan tingkat usia yang beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa. Pihak yang paling dirugikan adalah netizen yang polos dan gampang percaya.

 

Menjadi pengguna sosmed memang hak setiap orang. setiap orang tersebut juga punya kebebasan untuk mengisi akunnya dengan berbagai jenis kiriman, bisa mulai kegiatan sehari-hari, curahan hati, membagikan kiriman milik tokoh atau artis yang diidolakan atau juga membagikan foto-foto dan video. Akan tetapi kebanyakan orang yang tidak puas dengan jumlah followernya tidak jarang memakai trik-trik kotor di atas untuk menarik minat pengguna lain sehingga mengikutinya.

 

Padahal ketika Anda, misalkan menyebarkan berita-berita hoax atau foto-foto artis yang diedit dengan melanggar kode etik kepada netizen, selain jerat hukum sudah menanti, Anda juga akan menerima sanksi moral dari orang-orang terdekat. Selain itu trik menyebarkan berita-berita hits yang hoax sudah barang pasti akan dapat memecah belah masyarakat. Apalagi jika berita-berita tersebut berkaitan juga dengan agama, suku, atau ras tertentu. Dampaknya akan sangat beruntun dan tidak terduga.

 

Jadi, sebenarnya lumrah saja jika Anda ingin akun sosmed rame pengunjung atau juga follower. Akan tetapi ada banyak cara yang lebih bijak dalam memenuhi keinginan itu. Misalkan dengan membuat tutorial-tutorial yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, atau juga berjualan secara online di akun sosmed Anda. Selain akun sosmed menjadi rame, Anda juga bisa dapat keuntungan dari penjualan dan hal semacam itu lebih bermanfaat bagi orang banyak. []

Jadilah Perempuan yang Cantik

Cantik adalah salah satu kosa kata yang tidak bisa dilepaskan begitu saja dari dalam kamus seorang perempuan. Tidak peduli bagaimana definisi cantik yang sebenarnya, akan tetapi pada diri perempuan selalu terdapat keinginan untuk menjadi cantik dan diperhatikan oleh banyak orang. Hal ini tidak hanya terjadi pada perempuan-perempuan di wilayah perkotaan, tapi hampir di seluruh wilayah, konstruk pikiran tersebut sama saja. Menjadi cantik seakan sudah menjadi fitrah yang terus menerus diupayakan oleh semua perempuan.

 

Memang benar definisi cantik berbeda-beda setiap orang. ada yang mengatakan cantik itu selalu berhubungan dengan kulit putih, hidung mancung, rambut lurus hitam, alis tebal dan bibir merona. Ada juga yang mengatakan bahwa cantik sellau identik dengan kurus atau langsing sementara perempuan atau gadis yang gemuk dikatakan tidak cantik. Kemudian ada juga yang mengatakan bahwa cantik itu ketika perempuan manut, pendiam, tidak banyak tingkah, kalem, dan lain-lain. Pada akhirnya cantik menjadi tidak bisa dipisahkan dari bentuk fisik dan sifat perempuan. Padahal dengan menjadikan definisi cantik sedemikian rupa justru sangat mempersempit makna cantik itu sendiri.

 

Setiap perempuan seharusnya sudah menyadari sejak awal, bahwa mereka terlahir ke dunia sudah dalam keadaan cantik, baik cacat maupun tidak. Karena Tuhan telah memberikan nikmat melihat dunia yang sebenarnya fana ini kepada mereka. Jadi sebenarnya perempuan itu sudah cantik sejak dalam fitrahnya.

Pngtree

Tidak ada perempuan yang jelek karena sebenarnya juga cantik dan jelek hanyalah sebutan sifat yang sangat relatif, tergantung siapa yang menyebutkannya. Membandingkan diri sendiri dengan perempuan lain mungkin tidak ada salahnya. Tapi jika sudah ingin menjadi cantik seperti seseorang, hanya karena dia lebih putih bersih, dengan tubuh yang ramping, dan lain sebagainya, tentu berarti kita juga tidak bisa menghargai apa yang telah Tuhan berikan.

 

Sebenarnya perempuan tidak perlu iri dengan apa yang dimiliki perempuan lain, karena sesungguhnya setiap perempuan memiliki kelebihannya masing-masing. Meskipun berkulit sawo matang atau gelap, pasti ada sisi manis yang membuat setiap orang memerhatikan Anda.

 

Begitu juga meskipun rambut Anda tidak lurus, justru itu menjadi ciri khas Anda sebagai perempuan dari marga Anda sendiri. Menjadi cantik seharusnya tidak dengan memperbaiki ciri fisik dan sifat, akan tetapi memperbaiki sikap dan karakter Anda sebagai perempuan yang kuat, bijak, bertanggungjawab, mandiri, dermawan. Sehingga cantik yang timbul adalah cantik tidak hanya dari sisi luarnya, tapi juga dari jiwa terdalam.

 

Perempuan memang sudah seharusnya menjadi cantik sejak dalam pikirannya. Karena selain harus menjadi diri sendiri, Anda juga akan menjadi sosok ibu yang dicontoh oleh anak-anak Anda. Anda akan menjadi istri yang mengurus segala keperluan rumah tangga dan menjadi pengimbang kekurangan suami. Maka sudah semestinya seorang perempuan menjadi cantik dengan definisi yang lebih luas.

 

Tidak hanya terbatas pada unsur-unsur make up dan baju bagus, tidak sekadar kurus atau gemuk, dan tidak sekadar kalem atau cengengesan. Definisi cantik yang sempit itu harus mulai Anda buang jauh-jauh dan mulai Anda gantikan dengan cantik yang sesungguhnya. Cantik yang dapat membuat kekuatan jiwa Anda terpancar dan mampu memberikan kemanfaatan kepada sesama untuk bisa menjadi cantik dari dalam.


Jadi, tetaplah berkeinginan menjadi perempuan yang cantik. Tapi tinggalkan saja pikiran menjadi cantik yang penuh dengan kepura-puraan, atau cantik yang penuh dengan topeng. Karena sesungguhnya cantik itu berasal dari kejujuran seorang perempuan, dari tindak tutur perempuan yang mampu memotivasi sesamanya dan mengangkat derajat sesamanya. [] 

5 Kuliner yang Hits Ini Harus Dicoba

 

Salah satu kekayaan yang dimiliki oleh nusantara terletak pada keberagaman kuliner yang dimilikinya. Di setiap tempat di seluruh wilayah Indonesia hampir-hampir memiliki makanan dan minuman yang berbeda dari dengan yang ada di daerah lain. Meskipun kadang memiliki kesamaan, namun cita rasanya tetap tidak dapat disamakan. Selain itu pada 2018 ini kuliner di Indonesia juga semakin terekspose karena berbagai festival kuliner yang telah diadakan di beberapa daerah. Selama memperkenalkan destinasi wisata kepada publik, kabupaten-kabupaten yang memiliki kekayaan budaya juga tidak lupa memperkenalkan makanan khasnya kepada para pengunjung atau para wisatawan.

 

Mungkin secara umum, ada beberapa masakan atau kuliner yang sudah terkenal karena dibelakang nama kuliner tersebut terdapat nama kota tempatnya berasal. Seperti halnya sate Madura, soto lamongan, atau nasi padang. Masing-masing kuliner tersebut turut memperkenalkan darimana ia berasal. Nah, di tahun ini, setidaknya ada beberapa kuliner baru yang mendadak sangat viral, terutama di media sosial dan entah aslinya berasal dari mana. Ada sekitar 7 kuliner yang sedang hits di tahun 2018 ini. 5 kuliner tersebut sebagai berikut:

 

Guideku.com

  1. Es Kepal

Selain karena rasanya yang sangat manis, harga es kepal di Indonesia memang bisa dikatakan sangat terjangkau. Es yang mulai viral beberapa bulan terakhir ini memang menawarkan rasa coklat yang legit, manis, dengan banyak variasi rasa buah di dalamnya. Meskipun mengandung banyak kalori, namun penggemar es kepal tetap tidka berkurang. Alhasil, minuman ini menjadi hits di 2018 ini.

 

  1. Nugget Pisang

Sudah pernah makan nugget dicampur dengan pisang? Bagaimana rasanya jika kedua makanan ini dimasukkan ke dalam mulut dalam waktu yang bersamaan tanpa diolah terlebih dulu? pasti akan aneh bahkan bisa membuat Anda mual. Nah, akan tetapi beda dengan ketika Anda merasakan nugget pisang ini. Rasanya yang manis dengan banyak varian tentu tidak akan membuat perut Anda merasa mual. Adapun yang disebut dengan nugget pisang ini adalah nugget yang bahan dasarnya adalah pisang, bukan daging ayam apalagi kambing dan sapi. Makanya rasanya juga tidak seperti nugget pada umumnya. karena keunikannya, tidak heran jika makanan ini menjadi salah satu kuliner yang hits di 2018.

 

  1. Es krim Gulung

Es nitrogen atau es krim gulung adalah satu dari sekian banyak makanan yang masih hits di tahun 2018 ini. Yang membuat es krim ini nampak unik dan berbeda adalah karena proses pembuatannya yakni pada saat ada yang memesan dan akan digoreng terlebih dahulu. bayangkan saja bagaimana jika es krim yang mudah meleleh justru masuk ke wajan penggorengan. Akan tetapi itulah yang membuat es krim gulung ini banyak diminati oleh muda mudi di Indonesia.

 

  1. Bola Ubi

Bola Ubi atau juga biasa disebut dengan Bola Ubi Bolong merupakan salah satu bentuk camilan terbaru yang sedang hits di kalangan mahasiswa. Kenapa dinamakan ubi bolong? Karena setelah digoreng, bola-bola ubi ini tengahnya akan kosong seperti tahu bulat. Jajanan ini sebenarnya memang sudah sangat lama, akan tetapi mendadak viral karena beberapa anak muda menjualnya dengan inovasi yang lebih kece, dan tempat menjualnya pun sangat mempengaruhi minat pengunjung.

 

  1. Ayam Geprek

Baik di desa maupun di wilayah perkotaan, eksistensi ayam geprek mulai menguasai pangsa kuliner, terutama di Indonesia. coba saja Anda lihat di warung-warung yang buka di dekat kampus-kampus, pasti ada menu ayam geprek di dalamnya.

Obsesi

 

Aku hanya bisa membuatkan parafrase dari setiap cerita yang kau tulis. Bukan sebuah cerita yang baru, dan tak ada kebaruan yang bisa kuciptakan.

 

Kadang aku bingung, bagaimana seseorang bisa membagi cerita yang benar-benar terbaca nyata. Aku bahkan tidak bisa membuatkan diriku sendiri cerita nyata dari hasil pengalaman yang telah kulakukan.

 

Aku selalu berbohong dalam segala hal. Aku tidak pernah sungguh-sungguh melakukan apa yang aku ucapkan. Aku selalu menjadi liyan dan memilih menutup diri dari apapun yang ada di sekitarku.

 

Aku pilih menjadi bayangan yang tidak setiap orang menyadari ke-ada-anku. Bayangan yang dipakai mengukur tingkat panas, atau menjadi bahan ledekan untuk selfie, oh berswafoto untuk sekedar mengisi galeri.

 

Yaa aku adalah bayangan. Sekarang aku akan mempelajari apa fungsiku ada di antara masing-masing manusia. Apa alasan Tuhan menciptakan rupa hitam putih pada masing-masing manusia, yang tidak pernah disadari kehadirannya, sama sekali.

 

IDN Times Sumsel

“Ini hadiah untukmu, semoga suka.”

 

“Terimakasih banyak.”

 

“Apa kau ada waktu? Aku ingin mengajakmu ke suatu tempat.”

 

“Boleh. Aku luang.”

 

Lalu seperti hari-hari sebelumnya, kita menghabiskan waktu sepanjang hari, sampai malam menjelang. Menurutmu apa lagi yang bisa kupastikan selain perasaan yang nyaman? Tapi mungkin akan sedikit berbeda dengan yang sempat terlontar dalam kalimat-kalimat sebelumnya.

 

Mungkin juga yang menjadikannya berbeda adalah, aku tidak memikirkan apapun sebagaimana yang kulakukan tempo hari. Jangan jangan aku sedang terobsesi untuk yang kedua kalinya?

 

Tapi tidak akan mungkin hal itu terjadi untuk yang kedua kali dalam tempo sesingkat ini. Belum ada setahun, sejak pertama kali obsesi itu timbul, dan sekarang aku telah mengalaminya lagi? Mustahil.

 

Tuhan, ini cinta atau obsesi?

Bahkan aku belum bisa membedakannya sampai detik ini. Benar, aku mencintainya. Jadi? Aku harus memilikinya? Tidak. Kebaikan tak bisa selalu diartikan dengan cinta. Pun pemberian atau hadiah, bahkan kebersamaan.

 

Mungkin yang bisa kuminta saat ini hanya satu, tolong jaga dia. Jadikan dia sahabat yang baik untukku, setidaknya sampai aku bertemu dengan orang yang benar-benar menjadi sahabat di hidupku. Begitu saja. []

Hidup Sehat Ala Nabi

 

Salah satu hal yang bisa kamu pelajari dan terapkan dari kebiasaan Rasulullah SAW adalah pola hidup sehat. Rasulullah semasa hidupnya memang dikenal jarang sekali terserang sakit. Ini tentu merupakan citra paling tepat, karena tandanya beliau memang memiliki konsistensi dalam menerapkan pola hidup sehat dalam kehidupan sehari-hari. Di masa Nabi, mungkin sangat mudah untuk melaksanakan pola tersebut, akan tetapi di era yang semakin sibuk ini, sangat jarang muslim yang bisa istiqomah menerapkan pola hidup sehat ala Nabi secara keseluruhan. Tapi sebenarnya ada beberapa hal sederhana yang bisa kamu lakukan untuk memulai pola hidup sehat ala Nabi, beberapa diantaranya yaitu:

rumah zakat

  1. Memastikan tubuh menerima udara segar

Nabi Muhammad SAW memiliki kebiasaan yang patut kita contoh, yakni bangun di sepertiga malam terakhir untuk mendapatkan udara bersih. Beliau memastikan bahwa yang pertama kali dihirup setelah bangun tidur adalah oksigen yang belum terkontaminasi zat-zat lain. Ternyata, sepertiga malam terakhir yang diperkirakan antara jam satu dini hari sampai menjelang subuh tersebut memang memiliki kadar oksigen yang lebih tinggi dari waktu-waktu yang lain.

 

Ketika tubuh rutin mendapatkan udara yang bersih dengan kadar oksigen yang tinggi, maka metabolisme tubuhpun juga akan meningkat. Hal ini bisa menghindarkan kamu dari serangan virus dan juga penyakit yang timbul akibat paparan polusi setiap harinya. Meskipun di era sekarang ini sangat sulit mendapatkan udara bersih yang sama sekali tidak terkontaminasi zat-zat kimia, akan tetapi di sepertiga malam terakhir itu bisa dipastikan udara memiliki tingkat kebersihan lebih tinggi dibanding siang atau sore hari. Selain itu, kamu juga bisa sekaligus mendekatkan diri kepada sang pemberi hidup, dengan melakukan beberapa ibadah sunnah seperti shalat tahajud dan juga dzikir.

 

  1. Makan dengan cukup dan tidak berlebihan

Kaitannya dengan adab makan, kamu pasti sudah sering mendengar atau mempelajari tata cara dan kebiasaan makannya Rasulullah SAW, mulai dari sarapan hingga makan malam. Pada saat sarapan, diriwayatkan oleh beberapa sahabat, Nabi sarapan bukan dengan makanan yang berat, atau mengandung karbohidrat tinggi. Akan tetapi hanya segelas air yang biasanya dicampur madu, ditambah beberapa kurma. Nah, Anda juga bisa mencontoh sarapan ala Nabi, dengan beberapa jenis buah-buahan yang berserat dan mudah dicerna oleh tubuh.

 

Kemudian menjelang masuk waktu sore hari, barulah Rasulullah mengonsumsi makanan pokok, yang pada masa itu diceritakan Nabi mengonsumsi roti. Adapun makanan pokok lain yang bisa kamu konsumsi ada nasi, jagung, gandum, ketela, atau jenis makanan pokok lainnya, yang pasti mengandung karbohidrat. Sementara di malam hari, jenis sayur mayur menjadi menu yang dipilih Rasulullah SAW. Hal yang harus diperhatikan juga ialah, Nabi tidak pernah makan secara berlebihan, asal cukup, dan selalu menghentikan makannya sebelum kenyang.

 

  1. Rutin Berolahraga

Salah satu kebiasaan yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW adalah olahraga. Sesibuk apapun beliau, demi menjaga tubuh agar tetap bugar dan sehat, maka olahraga secara rutin pun dilakukan. Selain rutin berolahraga, Nabi juga tidak menyukai sahabat-sahabat beserta umatnya yang melakukan begadang tanpa ada tujuan yang bermanfaat. Terlalu sering begadang justru akan membuat metabolisme tubuh terganggu. Kalau kamu masih sulit menghindari begadang karena harus lembur kerja atau ada keperluan mendesak yang harus segera diselesaikan, upayakan tidak melakukannya secara berkesinambungan, dan upayakan tetap melakukan beberapa hal di atas, agar kamu secara bertahap bisa memiliki pola hidup yang sehat, sebagaimana Nabi. []