February 24, 2021

'Food Roaming' Jawa Timur

 

Indonesia merupakan salah satu negara yang punya beragam kekayaan budaya, bahasa, suku, ras, agama, dan masih banyak lagi yang lainnya. Kebudayaan di Indonesia tidak hanya berupa adat istiadat saja, tapi ada makanan khas daerah juga merupakan wujud dari kekayaan budaya di Indonesia.

 

Berikut ini kita akan jelaskan beberapa makanan khas yang ada di daerah Jawa Timur. Jadi Jawa Timur merupakan salah satu daerah yang cukup padat penduduk, makanya kamu perlu mengetahui apa saja makanan yang perlu kamu coba jika sedang berkunjung ke Jawa Timur. Jenis makanan yang akan kita jelaskan pasti sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Jawa Timur sendiri. Berikut ini beberapa makanan khas Jawa Timur:

 

Fimela.com

Rujak Cingur

Rujak cingur merupakan salah satu makanan yang wajib kamu coba, khususnya kalau kamu sedang berkunjung ke Surabaya. Cingur sendiri merupakan irisan daging dari mulut sapi. Biasanya rujak cingur berisikan sayur, lontong, timun, tahu, tempe kemudian ditambah dengan campuran bumbu kacang yang sudah dipadukan dengan petis.

 

Soto Lamongan

Dengan embel-embel nama daerah, tentu saja soto Lamongan merupakan salah satu makanan khas Lamongan yang wajib kamu coba jika sedang berkunjung ke Lamongan. Sebenarnya keistimewaan soto ini terletak pada penambahan koya dalam setiap porsinya. Koya adalah topping bubuk yang terbuat dari perpaduan antara bawang putih dan krupuk udang. Lezat pokoknya.

 

Nasi Tempong

Jenis makanan yang satu ini bisa kamu temukan kalau sedang mengunjungi kota Banyuwangi, Jawa Timur.  Untuk variasi isi dari nasi tempong ini antara lain adalah sayur rebus, tempe dan tahu goreng, ikan asin, dadar jagung, nasi panas serta ada tambahan sambal mentah. Yang menjadikan makanan ini khas adalah sambel yang disajikan.

 

Nasi Tumpang

Beberapa masyarakat yang ada di sekitar Kediri pasti sangat familiar dengan makanan yang satu ini. Iya, nasi tumpang adalah salah satu makanan khas Kediri yang memiliki titik keistimewaan pada sambel Tumpang yang disediakan. Sambel tumpang sendiri merupakan sambel yang terbuat dari tempe basi kemudian biasanya juga dipadukan dengan daging ayam.

 

Nah, itulah beberapa makanan khas Jawa Timur yang bisa dengan mudah kamu temukan di masing-masing daerah tersebut. Jadi, jika kamu berkunjung di salah satu daerah tersebut, kamu punya pandangan yang lebih banyak dan wajib mencoba kuliner khas daerah yang tersedia di daerah kunjunganmu itu. Selamat mencoba. []

February 04, 2021

Percaya? Ternyata Buah Kurma Punya Efek Samping

 

Salah satu tanaman buah yang terus eksis di masyarakat adalah kurma. Tidak hanya dinikmati saat momen lebaran, akan tetapi kini kurma bisa didapatkan di mana saja dan dalam kurun waktu yang singkat. Berbagai macam riset memang telah membuktikan bahwa di dalam sebiji kurma terdapat kandungan antioksidan yang tinggi serta memiliki banyak khasiat atau manfaat untuk para konsumennya.

 

Dari segi kesehatan, kurma memang telah banyak diproduksi menjadi sari-sari atau diekstrak untuk bisa jadi bagian dari pengobatan alami terhadap suatu penyakit. Akan tetapi kurma nyatanya tidak hanya mengandung manfaat dan kebaikan, tapi juga mengandung efek samping. Dan efek samping buah kurma tersebut ternyata tidak hanya satu atau dua macam saja loh.

 

Memang tidak salah jika kurma dijadikan sebagai salah satu sumber energi bagi tubuh, mengingat adanya kandungan glukosa di dalam kurma, sehingga sangat cocok dimakan ketika berbuka puasa. Selain itu kurma juga mampu mengontrol tekanan darah seseorang. Dengan rutin mengonsumsi kurma, kamu pun bisa terhindar dari darah tinggi maupun darah rendah, karena kurma dapat membantu menstabilkannya.

 

Selain itu kurma juga bermanfaat untuk menghalau adanya kanker usus besar dan mampu menjadi salah satu makanan yang turut menjaga ketahanan jantung Anda. Namun meski begitu, pola makan kurma yang salah nyatanya justru membuat buah ini sangat berbahaya. Berikut adalah efek samping buah kurma yang dirangkum menjadi tiga poin penting, antara lain:

malangvoice

  1. Memicu Kadar Gula Tinggi

Meskipun kandungan pada kurma dapat meningkatkan energimu, akan tetapi jika dikonsumsi secara berlebih, maka dampaknya akan sangat buruk. Efek samping buah kurma yang pertama adalah justru dapat membuat kadar gula dalam tubuhmu meningkat atau tinggi.

 

Selain itu meningkatnya kadar gula darah juga bisa karena sebelumnya kamu memiliki riwayat diabetes, sehingga menurun pada generasi setelahnya, yaitu kamu. Karena kurma sangat pesat membuat tinggi kadar gula pada tubuh, maka disarankan untuk selalu mengatur pola konsumsi kurma agar tidak berlebihan.

 

  1. Kram Perut

Salah satu efek samping buah kurma yang lain adalah mengakibatkan kram perut. Jika kamu sempat membaca atau mendengar beberapa zat yang terkandung dalam satu buah kurma, maka pasti tidak asing dengan kalium dan serat. Di dalam kurma kandungan kalium sangat tinggi.

 

Jadi apabila dalam satu kali konsumsi kurma, kamu langsung menghabiskan sampai 15 buah atau lebih, maka hal buruk bisa saja menimpamu, seperti kram pada perut. Hal ini sering terjadi karena kalium memang tidak akan baik jika dikonsumsi tubuh secara berlebihan. Biasanya sebelum kram, perut kamu akan terasa begah atau kembung.

 

  1. Obesitas

Kandungan kurma yang lain adalah kalori. Dibanding buah-buah lain, kandungan kalori pada kurma sangat tinggi, sehingga tidak mengherankan apabila konsumsi kurma dalam jumlah yang banyak dan dalam waktu yang sering akan membuat berat badan kamu gampang naik, bahkan bisa sampai pada obesitas. Resiko obesitas ini adalah dampak buruk atau efek samping buah kurma jika terlalu sering dikonsumsi dalam takaran yang tidak wajar alias berlebihan.

 

Dan itulah tadi tiga efek samping buah kurma yang harus kamu waspadai. Pastinya setiap orang tidak ada yang ingin terkena penyakit. Tujuan mengonsumsi kurma sendiri tidak lain adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh dan tetap terjaga dari segi kesehatan. Jadi untuk menghindari hal-hal yang buruk, hendaknya tidak mengonsumsi kurnma dalam jumlah yang berlebih, utamanya bagi kamu yang punya riwayat penyakit kolestrol dan diabetes. []

February 03, 2021

Kamu Harus Tau! Ini Manfaat Vitamin D Untuk Kulit

 

Terdapat banyak sekali manfaat vitamin untuk kesehatan kita. Tidak terkecuali manfaat vitamin D, yakni untuk kesehatan kulit. Kamu harus mengetahuinya mulai sekarang agar mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Berikut ini beberapa manfaat vitamin D untuk kulitmu, yaitu:

 

Pertama, manfaat vitamin D untuk wajah adalah mampu mengatasi inflamasi. Inflamasi sendiri adalah sebuah peradangan pada kulit yang disebabkan oleh bakteri,virus, dan jamur.

 

Kedua, vitamin D juga dipercaya mampu menetralisir pergantian sel serta membantu pencegahan tertumpuknya sel kulit mati pada permukaan kulit.

 

Ketiga, vitamin D ternyata juga bisa melindungi kesehatan kulit agar tetap sehat terawat, serta mampu mencegah kanker kulit yang bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang fatal.

 

Keempat, vitamin D memiliki kemampuan untuk membantu meminimalisir kemungkinan timbulnya depresi. Hal ini karena vitamin D mampu menyongsong perkembangan otak sekaligus fungsi otak. Sehingga sangat baik apabila kamu konsumsi setiap hari demi menjaga kesehatanmu.

 

Kelima, vitamin D juga dipercaya mampu mengurangi resiko kerusakan kulit dari luar, misalnya karena paparan sinar matahari yang berlebih sehingga bisa menimbulkan peradangan pada kulit, dan masih banyak lagi yang lainnya.

 

Setelah mengetahui beberapa manfaat vitamin D untuk kesehatan kulit dan diri, hal penting lain yang juga perlu kamu ketahui adalah dari mana saja sumber vitamin D tersebut bisa kamu dapatkan dengan cukup dan mudah. Karena vitamin D ini sebenarnya adalah salah satu vitamin yang sangat mudah untuk diperoleh.

 

Kompas.com

Sumber Vitamin D

Nah, untuk mempermudah kamu dalam menemukan sumber-sumber vitamin D yang baik, berikut ini kami jelaskan rangkaian sumber vitamin D khusus untuk kamu, yaitu:

 

1.   Sinar matahari

Sinar matahari merupakan salah satu sumber vitamin D yang sangat penting dan baik untuk kesehatan kulit. Namun, tidak semua sinar matahari baik untuk kulit.

 

Ada batasan jam-jam tertentu, di mana kandungan sinar matahari sangat baik untuk kesehatan kulit. Misalnya saja jam 09.00-10.00 siang. Nah, pada jam ini cahaya matahari mengandung banyak sekali manfaat untuk kulit.

 

2.   Makanan

Terdapat banyak sekali makanan yang mengandung vitamin D, terutama di makanan yang memiliki bahan dasar ikan-ikanan seperti sarden, salmon, tuna, patin, dan masih banyak lagi yang lainnya. Ikan-ikan tersebut mengandung banyak sekali vitamin D yang baik untuk menyongsong pertumbuhan serta perkembangan tubuh yang sehat.

 

Nah, gampang kan menemukan vitamin D di sekitar kamu? Tidak perlu mengeluarkan biaya yang mahal untuk perawatan kulit, sebab dengan memenuhi asupan vitamin D yang sesuai, kulitmu akan jauh lebih sehat, segar dan awet muda. []

February 02, 2021

Mau Resep Makanan Tradisional Klepon? Dapatkan Di sini

Ada banyak sekali makanan tradisional yang bisa kamu olah sendiri di rumah sebagai camilan sehat keluarga. Selain harga bahannya yang lebih murah, cara pembuatannya juga pasti sangat mudah. Saat ini banyak sekali makanan tradisional yang mulai dilestarikan lagi, sehingga hal ini bisa dijadikan salah satu alternatif untuk membuka usaha baru. Berikut ini resep klepon mulai dari bahan hingga cara pembuatannya, yaitu:

 

Bahan klepon

Bahan paling utama yang perlu kamu siapkan adalah tepung ketan putih, sesuaikan saja dengan kebutuhan pembuatan. Jika untuk konsumsi sendiri, cukup sediakan 200 gram tepung ketan putih.

 

Jangan lupa air hangat dan pasta pandan, sesuaikan takaran dengan rencana banyaknya klepon yang akan dibuat. Untuk konsumsi pribadi sediakan 190-200 ml air hangat. Lalu tambahkan gula jawa yang diserut halus secukupnya, sesuai dengan kebutuhan.

 

Bahan topping klepon

Karena klepon identik dengan kelapa parut, jadi bahan utama lain untuk topping pembuatannya adalah kelapa parut. Sesuaikan persediaan kelapa dengan klepon yang akan dibuat. Jika untuk konsumsi pribadi biasanya 50 gram kelapa sudah cukup.

 

Untuk menambah cita rasa, kamu bisa menyediakan 10 ml santan kara yang sangat mudah ditemukan di toko terdekat. Lalu kamu bisa menyediakan sejumput garam untuk menghasilkan variasi rasa yang menawan. Tak ketinggalan, sediakan 40 ml air panas.

 

Selanjutnya, untuk menghasilkan rasa yang menarik di topping klepon, kamu bisa mencampurkan semua bahan di atas sambil mengukus atau memasukkannya pada microwafe kurang lebih selama 10 menit untuk kukusan, dan satu menit untuk microwafe. Kamu juga bisa mengolah topping sesuai dengan banyaknya topping yang dibutuhkan.

 

kompas.com

Cara pembuatan klepon

Pertama, kamu bisa mencampurkan tepung ketan putih, beserta pasta pandan dan air hangat yang sebelumnya sudah dicampurkan. Kemudian campur semua atau aduk ringan dengan menggunakan tangan.

 

Kedua, sembari melakukan adukan, kamu bisa memberikan kucuran air sampai adonan tidak lagi keras. Ketiga, kamu bisa mengambil secuil adonan kemudian bulatkan. Jangan lupa memasukkan gula jawa di tengah adonan, kemudian bulatkan lagi.

 

Keempat, kamu bisa memasukkan adonan pada persediaan air panas yang tadi ada pada bahan, tunggu sampai adonan mengapung. Kelima, setelah adonan terapung, kamu boleh membiarkannya beberapa menit agar adonan benar-benar matang. Keenam, jika adonan sudah  siap, kamu tinggal menggulungkannya pada topping kelapa yang sudah kamu siapkan.

 

Mudah bukan? Selain memiliki rasa yang khas, klepon pun bisa dinikmati bersama kopi atau teh, sembari bersantai bersama keluarga. Selamat mencoba, kawan. [] 

November 07, 2020

Dikutuk Kuasa

 

Ini dongeng atau legenda?

Sebuah kutukan tua laik Sparrow

Di masa para pembajak mengunci laut

Lewat tuas-tuas kemelut

 

Langit menjadi darah

Berkembangbiak menuju kematian

Sedang para broker mengoyak kota lewat kata-kata

Kuasa kata

Lingkungan Hidup

Belasan ribu kapal jadi bangkai

Tenggelam

Diam, bungkam

 

Lautan dikuasai perompak

Sejarah dikuasai kata-kata

Kami dikuasai mereka… []

November 04, 2020

Belajar Bersyukur

 

Pagi masih menyisakan sinar lilin. Semalam listrik kampung kami padam. Di rumah cuma ada sebatang lilin yang membantu kami menyelesaikan pekerjaan rumah. Sampai kami sama-sama tak sadarkan diri, lampu belum juga bisa nyala. Dan tiba-tiba sudah pagi saja. Emak membangunkan aku dan Zein yang ternyata ikut ketiduran di rumahku.

 

“Hayooo, le… bangun. Waktunya sekolah. Zein juga ayo lekas bangun, tadi malam emakmu ke sini tapi tidak tega membangunkanmu. Makanya dibiarkan kamu tidur di sini sama Ragil.” Kata emak sambil sibuk menyiapkan sarapan pagi.

 

Kehidupanku dan Zein biasa saja. Kami sama-sama tumbuh dari keluarga yang tidak begitu berkecukupan. Bedanya, Zein anak tunggal dan aku bungsu dari 3 bersaudara. Sejak kecil kami sudah terbiasa hidup dengan sesuatu yang serba sederhana, dari sandang, papan, sampai pangan.

 

Tapi satu hal yang membuat kami selalu merasa istimewa, yakni keluarga yang harmonis dan nyaris tak pernah ada kata seteru di dalamnya. Bapak dan emak, juga kedua orangtua Zein selalu mengajarkan kami bersikap qonaah, alias merasa cukup dengan apa yang sedang dimiliki. Mereka memberi kami pemahaman bahwa Tuhan selalu memberikan sesuatu sesuai dengan yang hambaNya butuhkan, tidak berlebihan dan juga tidak pernah dikurangi.

 

Emak juga selu bilang, kalau dalam hati kami berdua ada sesuatu yang mengganjal, atau merasa tidak terima dengan apa-apa yang dimiliki oleh orang lain, berarti kita sedang didekati oleh nafsu. Kalau kami iri dengan orang lain, tandanya kami kurang mensyukuri nikmat Tuhan.

 

Pngtree

“Orang itu kalau di hatinya sudah ada rasa iri dengan kepunyaan orang lain, tandanya dia ndak bersyukur, ngger.”

contohnya apa, Mak?” tanyaku polos saat itu.

“Ya, misalkan anak lain pergi ke sekolah pake sepedah baru, lha kamu cuma jalan kaki terus sama Zein. Terus kamu iri sama temenmu yang pake sepeda baru itu.”

“Berarti itu tandanya aku ndak bersyukur sama pemberian Tuhan mak?”

“Kalau rasa iri itu ada, Gil, yaa berarti kamu ndak bersyukur, lawong meskipun kamu ndak pakai sepedah, tapi Tuhan kasih kamu kaki yang kuat kok.” Kata emak sambil memijat kedua kakiku.

 

Aku jadi ingat ketika aku dan Zein berangkat sekolah pagi itu. Seperti biasa kami berdua jalan kaki sambil guyonan. Tiba-tiba di tengah jalan hujan turun, dan kami sama-sama tidak bawa payung. Akhirnya kami menepi dan berteduh di bawah pohon. Zein bajunya sudah sedikit basah dna kalau kami balik pulang, kami akan terlambat ke sekolah.

 

“Zein gimana ini, kita juga ndak punya payung lo…”

“Udah ndak apa-apa, eh sebentar… itu ada daun pisang.” Kata Zein sambil menunjuk ke arah kebun pisang pak Somad. Dengan lantang Zein berteriak, karena pak Somad juga kebetulan sedang berteduh di bawah daun-daun pisang di kebunnya.

“Pak… aku minta satu daun yaa, mau ke sekolah nanti telat.”

 

Dengan sigap pak Somad memotong dua daun pisang miliknya dan berlari menuju pohon tempat kami berteduh.

 

“Nih, satu kalian. Sobek sedikit ndak apa-apa ya. Hati-hati kalau ke sekolah.”

“Alhamdulillah, terimakasih pak. Yes, ndak bakal telat nih kita.” Kata Zein bersemangat.

 

Akhirnya kami bisa melanjutkan perjalanan ke sekolah yang jaraknya masih satu kilometer lagi. Dengan berbekal daun pisang sebagai payung kami menembus hujan. Dari situ kami ingat kata-kata emak, bahwa apapun yang kami dapatkan adalah pemberian Tuhan yang patut disyukuri.

 

Dengan selalu merasa cukup dan bersyukur, hidup kami bakal selalu diliputi kebahagiaan. Dan itulah hal terbaik yang mampu kami tuai, dari buah kesyukuran kami atas nikmat yang diberikan-Nya.

Mencoba Wisata Konto River Rafting Kediri

 

Kalau Anda suka tantangan dan ingin mengasah adrenalin, wisata yang satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Sungai konto menawarkan rafting river yang cukup menantang. Wisata ini ada di Desa Kediri Siman, Kecamatan Kepung, Kabupaten Kediri. Jaraknya dari Simpang lima gumul sekitar 40 Km.

 

Anda bisa menempuhnya menggunakan kendaraan sekitar 45 menit. Selain indah, tempat wisata ini bisa memberikan sensasi yang berbeda. Jadi sangat disayangkan kalau Anda sedang berlibur di kota Kediri, tapi tidak berkunjung ke wisata arung jeram konto river.

 

Wisata ini sangat cocok untuk mengisi kegiatan liburan Anda, apalagi saat liburan panjang seperti libur nasional. Penduduk lokal daerah wisata konto river rafting Kediri juga sangat ramah kepada wisatawan, baik lokal maupun asing. Konto river rafting pun cocok untuk Anda yang punya jiwa petualang dan suka tantangan.

123RF.com

Selain itu di sana juga ada wahana permainan lain seperti flying fox, high ropes, escape for island, paint ball, air softguns, trust fall, dan masih banyak lagi yang lain. Selain punya arus deras dan cukup menantang, dengan track rafting sampai 13 km, bentang alam di sekitar kali konto ini bisa dibilang cukup menyejukkan.

 

Meskipun objek wisata ini masih tergolong baru, tapi peminatnya sangat tinggi. Wajar kalau wisata konto river rafting Kediri ini tidak pernah sepi pengunjung. Ditambah lagi dukungan beberapa fasilitas dan pelayanan yang memadai seperti area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, dan berbagai macam wahana air.

 

Satu lagi yang tidak boleh Anda lewatkan, jangan lupa mengabadikan momen Anda di wisata yang juga punya banyak spot foto ini. Menarik kan? Kalau Anda suka sesuatu yang menantang, Asah adrenalin Anda di konto river rafting Kediri. Eh jangan lupa buang sampah pada tempatnya, ya. []

Jangan Pakai Trik Ini Untuk Bikin Akun Sosmed Rame

 

Di era digital seperti sekarang ini, siapa yang tidak memiliki akun di media sosial pasti akan dikatakan kudet, kuper alias kurang pergaulan, dan lain sebagainya. Pernyataan semacam ini tentu tidak melulu salah, mengingat memang segala informasi saat ini berkembang sangat pesat salah satunya berkat adanya media sosial. Tidak hanya facebook dan twitter, akan tetapi ada juga instagram, youtube, blog, yang mana kesemua media sosial itu memiliki banyak pengguna dan masing-masing aktif dalam berjejaring.

 

Semakin pesatnya informasi yang berkembang lewat media-media tersebut tentu akan membuat orang-orang yang tidak memakainya akan ketinggalan berita-berita terbaru, baik soal gosip selebritis sampai soal politik, hukum, dan keadaan sosial masyarakat di suatu daerah. Mungkin ada anggapan bahwa setiap berita bisa disaksikan lewat siaran televisi, akan tetapi hal tersebut ternyata juga masih kalah cepat dibanding dengan yang di share di sosial media. Nah, akhirnya para pengguna sosmed pun punya alasan yang realistis untuk mengatakan kudet dan kuper pada orang-orang yang sama sekali tidak menggunakan media sosial (sosmed) sebagai tempatnya berjejaring.

 

Bali Express

Akan tetapi ada beberapa catatan hitam terkait budaya sosmed di kalangan masyarakat Indonesia. Misalkan saja, mereka menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang lewat sosial media, seperti memeras orang lain, menipu, dan hal-hal yang merugikan orang lainnya. Tentu hal semacam ini tidak bisa dibenarkan, apalagi tujuan orang-orang tersebut bersosial media adalah untuk mendapatkan asupan nutrisi untuk pikiran, mendapatkan informasi bukan ditipu. Mungkin kasus-kasus semacam ini sudah sangat biasa terjadi dan memakan banyak korban dengan alasan ekonomi.

 

Namun di luar itu, ternyata ada juga orang yang melakukan trik untuk membuat akun sosmednya ramai pengunjung dengan memberikan kabar-kabar palsu atau hoax, membagikan kiriman-kiriman yang berbau pornografi, dan lain sebagainya. Tujuan orang-orang seperti ini bukan lagi pada ekonomi akan tetapi kepuasan. Hal ini tentu lebih merugikan orang lain apalagi jika masyarakat yang mengikuti kiriman-kiriman itu sudah beribu atau berjuta orang dengan tingkat usia yang beragam mulai dari anak-anak sampai dewasa. Pihak yang paling dirugikan adalah netizen yang polos dan gampang percaya.

 

Menjadi pengguna sosmed memang hak setiap orang. setiap orang tersebut juga punya kebebasan untuk mengisi akunnya dengan berbagai jenis kiriman, bisa mulai kegiatan sehari-hari, curahan hati, membagikan kiriman milik tokoh atau artis yang diidolakan atau juga membagikan foto-foto dan video. Akan tetapi kebanyakan orang yang tidak puas dengan jumlah followernya tidak jarang memakai trik-trik kotor di atas untuk menarik minat pengguna lain sehingga mengikutinya.

 

Padahal ketika Anda, misalkan menyebarkan berita-berita hoax atau foto-foto artis yang diedit dengan melanggar kode etik kepada netizen, selain jerat hukum sudah menanti, Anda juga akan menerima sanksi moral dari orang-orang terdekat. Selain itu trik menyebarkan berita-berita hits yang hoax sudah barang pasti akan dapat memecah belah masyarakat. Apalagi jika berita-berita tersebut berkaitan juga dengan agama, suku, atau ras tertentu. Dampaknya akan sangat beruntun dan tidak terduga.

 

Jadi, sebenarnya lumrah saja jika Anda ingin akun sosmed rame pengunjung atau juga follower. Akan tetapi ada banyak cara yang lebih bijak dalam memenuhi keinginan itu. Misalkan dengan membuat tutorial-tutorial yang dibutuhkan oleh masyarakat luas, atau juga berjualan secara online di akun sosmed Anda. Selain akun sosmed menjadi rame, Anda juga bisa dapat keuntungan dari penjualan dan hal semacam itu lebih bermanfaat bagi orang banyak. []